Posted by : Unknown Jumat, 03 Mei 2013


MATERI IPA KELAS V SEMESTER 1

STANDAR KOMPETENSI: MEMAHAMI CARA TUMBUHAN HIJAU MEMBUAT   MAKANAN
KOMPETENSI DASAI: MENDESKRIPSIKAN KETERGANTUNGAN MANUSIA DAN HEWAN  PADA TUMBUHAN HIJAU SEBAGAI SUMBER MAKANAN
INDIKATOR:
  1. Menjelaskan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
  2. Menyebutkan contoh-contoh tumbuhan hijau yang menyimpan makanan pada akar, batang, daun, bunga, biji, buah.

MATERI
MANUSIA DAN HEWAN SANGAT TERGANTUNG KEPADA TUMBUHAN HIJAU KARENA SEBAGIAN BESAR SUMBER MAKANANNYA BERASAL DARI TUMBUHAN HIJAU. ADAPUN TEMPAT MENYIMPAN MAKANAN PADA TUMBUHAN DIANTARANYA SEBAGAI BERIKUT:
1. AKAR
Akar merupakan bagian pada tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah. Air dan mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan diserap oleh akar dari dalam tanah. Tumbuhan yang akarnya dijadikan bahan makanan, Contohnya singkong, bengkoang, wortel, dan lobak
2. DAUN
Bayam dan kangkung merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan. Selain bayam dan kangkung, tumbuhan lain yang juga dimanfaatkan daunnya sebagai bahan makanan adalah melinjo dan selada.
3. BATANG
Selain akar, pada bebrapa tumbuhan batang dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya sebagai bahan makanan adalah tebu, sagu, dan enau. Pada beberapa tumbuhan bagianbatangnya ada yang berubah fungsi menjadi umbi batang, contohnya kentang dan ubi jalar.
4. BUNGA
Tumbuhan yang bunganya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan antara lain adalah kol atau kubis dan bawang. Di dalam bunga banyak terkandung mineral dan vitamin.
5. BUAH
Duren, Jeruk, apel, mangga, pepaya, dan pisang merupakan jenis tumbuhan yang buahnya dapat langsung dimakan oleh kita tanpa harus diolah terlebih dahuluNamun demikian, beberapa jenis tumbuhan lain yang dimanfaatkan buahnya sebagai bahan makanan tidak dapat dimakan langsung, seperti terong dan labusiem.
6. BIJI
Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok yang sehari-hari kita makan. Selain itu, di Indonesia makanan pokok lainnya adalah jagung dan gandum. Beras, jagung, dan gandum merupakan biji-bijian yang merupakan sumber karbohidrat. Tumbuhan lain yang bijinya dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang panjang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Ingat Waktu

Brainstorming Kaoani

Fotoku

Fotoku

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Untuk memenuhi tugas Komputer dan Media Pembelajaran -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -